Agenda

Workshop Tari Malangan Gading Alit

Pada hari Jumat 22 Mei 2009 di panggung Zona Wajang terlihat banyak orang yang sedang berlatih tari. Mereka memakai selendang yang disampirkan dibahu dan mengikuti gerakan yang diinstruksikan oleh guru mereka. Tarian diiringi dengan alunan gamelan yang rancak. Gerakan mereka lemah gemulai, dan sewaktu tangan-tangan para penari membentangkan selendang di kanan kirinya, gerakannya cantik sekali. Kaki mereka pun bergerak memutar dan dihentakan dengan irama yang serempak.

Program pelatihan tari atau yang disebut Workshop Tari Malangan ini adalah salah satu agenda kegiatan dalam Festival Malang Kembali IV 2009 (Malang Tempo Doeloe). Workshop Tari Malangan berlangsung 2 kali yaitu hari Jumat dan Sabtu 22-23 Mei 2009. Hari Jumat diadakan di Zona Wajang dan hari Sabtu di Pendopo Agoeng.

Pelatihan hari Jumat ini mengangkat tarian Gading Alit. Pelatih tarinya adalah Bapak Chattam A.R, tokoh tari di Malang. Bapak Chattam juga dibantu 2 orang asisten yaitu Ibu Siti Rahayu dan Ibu S. Hardina.

Peserta Workshop Tari Malangan cukup banyak, saat ini ada 84 orang. Mereka sangat antusias berlatih di atas panggung mengikuti instruksi dari Bapak Chattam.  Karena pesertanya yang banyak dan panggung  yang terbatas maka pelatihan diatur dalam beberapa kelompok agar gerak tarian leluasa. Sementara kelompok yang satu berlatih yang lainnya bisa duduk sambil mengamati gerakan-gerakan yang diajarkan.

Untuk mengikuti pelatihan tari Malangan, para peserta mendaftar ke koordinator Workshop Tari Malangan, Ibu S. Hardina. Pembukaan pendafataran berlangsung sejak awal bulan April. Sasaran pendaftaran ini untuk mahasiswa Seni Tari, guru-guru Kesenian, dan sanggar-sanggar tari. Dalam pelaksanaannya cukup banyak yang mendaftar dari umum.

Ibu S. Hardina atau yang akrab disapa Ibu Dina kesehariannya mengajar tari di Sanggar Bina Tari S. Hardina yang berlokasi di Jalan S Supriyadi Gg IX/99 Sukun Malang. Sanggar tari ini terbuka untuk semua usia. Untuk anak-anak diajarkan tarian kreasi yang mengarah ke tarian tradisional. Untuk dewasa dikhususkan tarian tradisional. Pengajarnya selain Ibu Dina sendiri, beliau juga dibantu oleh anaknya yaitu Ibu Galuh Sekarmelati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: